PENTINGNYA
SELF AWARENESS SISWA DALAM BELAJAR
Karya Dania Noviyla
Pendidikan dapat
dipandang sebagai pengubahan tingkah laku dan kemampuan seseorang menuju ke
arah kemajuan dan peningkatan. Pendidikan juga dapat mengubah pola pikir
seseorang untuk selalu melakukan inovasi dan perbaikan dalam segala aspek
kehidupan ke arah peningkatan kualitas diri. Di sekolah, tujuan pembelajaran yaitu
pembelajaran yang menggiring siswa memiliki kemampuan berpikir obyektif,
kritis, cermat, analitis dan logis. Salah satu aspek
psikologis dalam pembelajaran adalah kesadaran diri yang merupakan suatu
kondisi atau pondasi awal yang diperlukan sebelum memulai proses pemahaman
terhadap orang lain atau disebut self awareness. Berdasarkan realita
yang dapat kita lihat banyak siswa menunjukkan perilaku suka mengobrol di
kelas, tidak mengumpulkan tugas, berada di luar kelas saat pembelajaran,
melanggar tata tertib dan menggunakan waktu luang mereka untuk bermain. Dapat
dilihat bahwa siswa belum sadar bahwa kewajibannya sebagai siswa adalah belajar.
Self
awareness perlu dimiliki seorang siswa dalam pembelajaran agar
siswa menyadari apa yang harus dilakukannya selama proses pembelajaran.
Seseorang yang memiliki kesadaran diri yang baik dapat mengendalikan emosi
dirinya sendiri, dan mengontrol kelemahan dan kekurangan diri serta mengenali
diri sendiri secara mendalam. Kesadaran
diri sangatlah penting, dengan memahami diri sendiri kita akan mendapatkan
banyak hal – hal positif bagi diri kita sendiri, dan juga kita dapat mengontrol
diri kita agar kita dapat bekerja bersama dengan orang lain secara efektif.
Self Awareness
salah satu aspek kepribadian yang sangat penting di dalam kehidupan seseorang. Dengan
adanya kesadaran diri dalam seorang siswa akan meningkatkan motivasi dan
semangat siswa dalam belajar, hal itu dapat berdampak positif dimana akan
meningkatkan nilai – nilai pendidikan. Menurut Nu’man, (2019 : 52) Self
Awareness juga merupakan salah satu atribut dasar dari aspek Emotional Intelligence dan juga
merupakan salah satu kunci utama dalam meraih sukses di dalam segala hal.
Self awareness yaitu mengetahui apa yang sedang kita
rasakan dan menggunakannya untuk memandu pengambilan keputusan diri sendiri,
memiliki tolok ukur yang realistis atas kemampuan diri dan kepercayaan diri
yang kuat. Seseorang dikatakan memiliki kesadaran diri jika dia
mampu memahami emosi yang sedang dirasakan, kritis terhadap informasi mengenai
diri sendiri, dan sadar tentang diri sendiri secara nyata. Secara singkat,
kesadaran diri dapat diartikan sebagai suatu sikap sadar seseorang mengenai
pikiran, perasaan, dan evaluasi diri yang ada dalam dirinya sendiri(Goleman,
2004:3).
Penting bagi seorang siswa untuk memiliki kesadaran
diri sebagai seseorang siswa. Dengan adanya kesadaran diri seorang siswa mampu
mengendalikan emosionalnya, mampu memilih hal – hal yang terbaik untuk dirinya
sendiri, dengan begitu jika siswa di Indonesia memiliki kesadaran diri yang
tinggi sebagai siswa, pendidikan di Indonesia akan meningkat dengan baik dan
dapat memajukan pendidikan di Indonesia.
Daftar
Pustaka
Goleman, Daniel. 2004. Emotional
Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Nu’man,
Mulin.2019. Self Awareness Siswa Madrasah Aliyah dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Pengembangan
Pembelajaran Matematika (JPPM) /Vol I.
TENTANG PENULIS
|
Nama :
Dania Noviyla
NIM :
RRA1C217002
Fakultas :
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program
Studi :
Pendidikan Ekonomi
EXISTER
: 2017
0 comments:
Post a Comment