Halaman

Monday, June 22, 2020

Karya Terbaik 3 Training and Writing Project #1


PENTINGNYA SELF AWARENESS SISWA DALAM BELAJAR
Karya Dania Noviyla

Pendidikan dapat dipandang sebagai pengubahan tingkah laku dan kemampuan seseorang menuju ke arah kemajuan dan peningkatan. Pendidikan juga dapat mengubah pola pikir seseorang untuk selalu melakukan inovasi dan perbaikan dalam segala aspek kehidupan ke arah peningkatan kualitas diri. Di sekolah, tujuan pembelajaran yaitu pembelajaran yang menggiring siswa memiliki kemampuan berpikir obyektif, kritis, cermat, analitis dan logis. Salah satu aspek psikologis dalam pembelajaran adalah kesadaran diri yang merupakan suatu kondisi atau pondasi awal yang diperlukan sebelum memulai proses pemahaman terhadap orang lain atau disebut self awareness. Berdasarkan realita yang dapat kita lihat banyak siswa menunjukkan perilaku suka mengobrol di kelas, tidak mengumpulkan tugas, berada di luar kelas saat pembelajaran, melanggar tata tertib dan menggunakan waktu luang mereka untuk bermain. Dapat dilihat bahwa siswa belum sadar bahwa kewajibannya sebagai siswa adalah belajar.
Self awareness perlu dimiliki seorang siswa dalam pembelajaran agar siswa menyadari apa yang harus dilakukannya selama proses pembelajaran. Seseorang yang memiliki kesadaran diri yang baik dapat mengendalikan emosi dirinya sendiri, dan mengontrol kelemahan dan kekurangan diri serta mengenali diri sendiri  secara mendalam. Kesadaran diri sangatlah penting, dengan memahami diri sendiri kita akan mendapatkan banyak hal – hal positif bagi diri kita sendiri, dan juga kita dapat mengontrol diri kita agar kita dapat bekerja bersama dengan orang lain secara efektif.
Self Awareness salah satu aspek kepribadian yang sangat penting di dalam kehidupan seseorang. Dengan adanya kesadaran diri dalam seorang siswa akan meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam belajar, hal itu dapat berdampak positif dimana akan meningkatkan nilai – nilai pendidikan. Menurut Nu’man, (2019 : 52) Self Awareness juga merupakan salah satu atribut dasar dari aspek Emotional Intelligence dan juga merupakan salah satu kunci utama dalam meraih sukses di dalam segala hal.
Self awareness yaitu mengetahui apa yang sedang kita rasakan dan menggunakannya untuk memandu pengambilan keputusan diri sendiri, memiliki tolok ukur yang realistis atas kemampuan diri dan kepercayaan diri yang kuat. Seseorang dikatakan memiliki kesadaran diri jika dia mampu memahami emosi yang sedang dirasakan, kritis terhadap informasi mengenai diri sendiri, dan sadar tentang diri sendiri secara nyata. Secara singkat, kesadaran diri dapat diartikan sebagai suatu sikap sadar seseorang mengenai pikiran, perasaan, dan evaluasi diri yang ada dalam dirinya sendiri(Goleman, 2004:3).
Penting bagi seorang siswa untuk memiliki kesadaran diri sebagai seseorang siswa. Dengan adanya kesadaran diri seorang siswa mampu mengendalikan emosionalnya, mampu memilih hal – hal yang terbaik untuk dirinya sendiri, dengan begitu jika siswa di Indonesia memiliki kesadaran diri yang tinggi sebagai siswa, pendidikan di Indonesia akan meningkat dengan baik dan dapat memajukan pendidikan di Indonesia.

Daftar Pustaka
Goleman, Daniel. 2004. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Nu’man, Mulin.2019. Self Awareness Siswa Madrasah Aliyah dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM) /Vol I.



TENTANG PENULIS

Nama                           : Dania Noviyla
NIM                            : RRA1C217002
Fakultas                       : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi             : Pendidikan Ekonomi
EXISTER                    : 2017






0 comments:

Post a Comment