Halaman

Monday, June 22, 2020

Karya Terbaik 1 Training and Writing Project #1


APAKAH DUNIA HANYA BUTUH ILMU KETEKNOLOGIAN ? 
Karya Bisma Aulia
   
Saat ini dunia sedang berduka, penyebaran virus yang cepat membuat perubahan kehidupan dalam sekejap. Komunikasi serta interaksi langsung, makan bersama, berkumpul bersama, rapat bersama, hingga beribadah berjamaah saat ini dibatasi. Pembatasan sosial tersebut bukan karena rakyat dikekang oleh beberapa oknum, tetapi, pembatasan tersebut dilakukan untuk mengekang penyebaran virus. Perubahan sosial yang terjadi memang sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, terlebih rakyat Indonesia yang dikenal dengan ramah terhadap orang lain, saat ini harus saling menjaga dengan cara menghindari satu sama lain. Terlebih bulan suci Ramadhan saat ini yang biasanya silahturahmi di masjid ketika tarawih, atau meriahnya pasar bedug menjadi hal yang dirindukan saat ini. Pembatasan sosial tersebut memperkecil langkah masyarakat dan juga mengecil penyebaran virus saat ini. Dengan adanya pembatasan tersebut, mengalihkan kebiasaan masyarakat yang awalnya luring menjadi daring. 
Penggunaan teknologi seperti video conference, media sosial, hiburan/entertainment secara daring, dan sebagainya menjadi primadona saat #dirumahAja. Sebagai orang yang mempelajari ilmu dibidang teknologi, permintaan pasar dibidang tersebut tentu menjadi motivasi untuk terus belajar dan mencoba menganalisis bagaimana mereka dapat membuat ide untuk mempermudah masyarakat. Pada awalnya, hanya belajar dibidang tersebut membuat saya bangga bahwa jika saya lulus dengan gelar tersebut dapat menjadi primadona pula dipekerjaan. Tetapi, saya berpikir bahwa era ini tidak butuh hanya sebatas gelar S.Kom atau S.T dibidang informatika, alangkah baiknya jika gelar tersebut didukung kemampuan dalam bidang tersebut. Karena banyak lulusan dibidang ini gagal, karena mereka tidak dapat menguasai kemampuan dibidang tersebut. Padahal mereka telah menghabiskan masa emas mereka untuk belajar dibidang tersebut. Menjadi programmer adalah pekerjaan keren yang notebenenya adalah mampu membuat inovasi terbaru dibidnag teknologi dan juga membantu manusia dalam memudahkan pekerjaan. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini programmer dibutuhkan dibanding rumpun ilmu lain. Jadi, apakah jika tidak menguasai dunia programming membuat kita susah berjuang didunia ? atau apakah jika kita menguasai dunia programming membuat kita dapat menguasai dunia ?.
Sebelum pandemic ini melanda, saya beranggapan bahwa dunia ini sangat membutuhkan mereka yang mempelajari teknologi, tetapi saya menyadari bahwa didunia ini tidak sepenuhnya membutuhkan programmer. Dunia ini membutuhkan banyak rumpun ilmu, seperti ekonomi untuk menyelamatkan keuangan, dokter untuk mensejahterakan kesehatan manusia, hukum agar mampu mempertahankan keadilan dimuka bumi ini, dan sebagainya. Maka, dunia butuh mereka semua, mereka yang mampu mendedikasikan kehidupan mereka untuk kepentingan masyarakat banyak. Tentu menjadi programmer adalah pekerjaan yang keren, didalam benak orang, programmer adalah mereka yang hebat dibidang teknologi. Tetapi, kehadiran programmer saja tidak cukup, butuh mereka dengan ilmu yang berbeda yang dapat melengkapi teknologi tersebut. Bayangkan jika semua orang hanya kuliah atau bekerja dibidang teknologi, bagaimana jika wabah penyakit seperti ini menyerang lagi ?, memang benar dengan adanya teknologi dapat membantu, tetapi, dalam pembuatan dan proses penciptaan tersebut tentu butuh logika dari seorang dokter yang dapat membantu. Banyak berkembang asumsi bahwa di era revolusi industri ini dibutuhkan mereka yang bergelut dibidang teknologi agar tidak tergerus zaman. Kembali lagi dengan pernyataan saya diatas, apakah semuanya harus menggeluti bidang teknologi saja ?. Tentu saja jawabannya tidak. Meskipun saya lega bahwa ilmu saya akan berguna dibanyak bidang, tetapi tentu saja, tanpa mereka, orang-orang yang paham teknologi tersebut tidak akan dapat mengembangkan berbagai teknologi dibidang kesehatan, sosial, ataupun sebagainya. Maka, jangan lah pernah menganggap bahwa ilmu kita merupakan ilmu paling penting didunia ini. Semua ilmu penting, hanya saja, dalam perkembangannya dibutuhkan penguasaan teknologi dibidangnya. Memang tidak dapat dipungkiri lagi jika saat ini mengharuskan kita memahami penggunaan teknologi sederhana seperti email, media sosial, atau penggunaan seperti excel, Microsoft word, dan sebagainya.
Seperti kata orang, bahwa tidak ada yang sempurna didunia ini. Begitu pula dengan ilmu, didunia ini tidak dapat berkembang hanya dengan orang yang menguasai ilmu teknologi saja, butuh ilmu-ilmu lain yang membantu dalam mengembangkannya. Tanpa mereka yang paham akuntansi mungkin tidak ada software SAP, dan tanpa mereka yang paham ilmu kesehatan tidak mungkin aplikasi sejenis halodoc dapat berkembang. Maka, semua ilmu bermanfaat hanya saja tergantung pada individu masing-masing dalam mengembangkan ilmu tersebut. Apakah hanya mengandalkan ilmu itu saja tanpa penguasaan teknologi ?, atau hanya menjelajahi ilmu yang diberikan dosen saja, sehingga tidak berkembang ?, atau saya dan kalian yang menggeluti ilmu teknologi, hanya punya gelar tanpa skill bidang programming ?. Akhir kata, semua jawaban apakah dunia ini hanya butuh mereka dibidang keteknologian saja ada diusaha anda untuk dapat bertarung dengan kecerdasan buatan di Era Revolusi Industri 4.0 ini.

TENTANG PENULIS

Nama                           : Bisma Aulia
NIM                            : F1E118006
Fakultas                       : Sains dan Teknologi
Program Studi             : Sistem Informasi
EXISTER                    : 2018


0 comments:

Post a Comment