Halaman

Thursday, February 9, 2017

Lomba Inovasi Tepat Guna Nasional Exist Fair 2017



     Berkembangnya teknologi di era globalisasi menuntut masyarakat Indonesia untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menguasai dan menciptakan produk-produk berkualitas. Indonesia memerlukan Sumber Daya Manusia (SDA) yang berkompeten dan menguasai ilmu Sains dan perkembangan Teknologi. Selain itu, seiring dengan Program Suistanable Developement Goals (SDGs) 2030 yang mana merupakan fokus pemerintah dalam pembangunan Indonesia ke depan, masyarakat Indonesia dipandang wajib menyelaraskan seluruh aspek inovasi teknologi dengan program tersebut. Target Inovasi yang diharapkan dalam ajang ini yaitu inovasi yang kreatif dan tidak memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Selain itu, Indonesia kaya akan sumber daya alam, baik dalam bidang pertanian, maritim, dan lain-lain. Sehingga dinilai perlu adanya upaya alternatif untuk meningkatkan daya guna SDA. 

     Atas dasar pemikiran tersebut, diperlukan adanya suatu kegiatan yang mampu memberikan wawasan dan melatih serta wadah pengembangan kreatifitas bagi seluruh mahasiswa Indonesia. Kegiatan EXIST FAIR 2017 merupakan kegiatan yang berorientasi pada pengembangan Sains dan Teknologi menuju SDGs 2030 yang bertujuan untuk mendapatkan inovator-inovator muda yang berkarakter dan berwawasan luas.

     Sasaran yang selalu ditargetkan oleh pemerintah untuk pengembangan teknologi adalah mahasiswa, karena mahasiswa adalah manusia yang intelektual yang akan membawa perubahan pada negara ini. Oleh sebab itu UKM Riset dan Penalaran EXIST Universitas Jambi mengajak seluruh mahasiwa seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam membangun Indonesia lebih baik dengan mengadakan kompetisi Inovasi Tepat Guna (ITG) EXIST FAIR dengan mengambil tema “Inovasi Teknologi Kreatif, Konservatif dan Realistis Berbasis Potensi Lokal”. Pada perlombaan ini pemikirannya dalam bentuk inovasi terbaru yang kreatif, konservatif dan realistis yang dapat mengoptimalkan potensi lokal yang ada di Inodesia. Gagasan yang dituangkan dalam bentuk proposal yang akan diseleksi oleh tim juri. Delapan (8) proposal terbaik akan dipresentasikan dalam Acara Final EXIST FAIR 2017. Peserta yang masuk final diwajibkan membawa produk/prototype dari karya tersebut untuk dipamerkan. 

JUDUL KEGIATAN

Inovasi Tepat Guna Nasional EXIST FAIR 2017

Tema Lomba
“Inovasi Teknologi Kreatif, Konservatif dan Realistis Berbasis Potensi Lokal”

Subtema :a. Pendidikan dan Budaya  (Ida)
                                b. Energi dan Infrastuktur (Herliana)
                                c. Lingkungan dan Kesehatan (Zulvia)
                                d. Agrokompleks dan Ketahanan Pangan (Rina)

Syarat dan Ketentuan Lomba
  1.      Peserta adalah mahasiswa aktif D3/S1 perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia (dibuktikan dengan kartu tanda Mahasiswa). 
  2.       Lomba bersifat kelompok terdiri dari 2-3 orang (diperbolehkan dari angkatan dan disiplin ikmu yang berbeda) dari perguruan tinggi yang sama.
  3.         Setiap tim didampingi oleh 1 dosen pembimbing perguruan tinggi yang sama'
  4.       Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya dalam tim yang yang sama ataupun berbeda
  5.       Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua di satu tim
  6.     Untuk karya Inovasi, merupakan hasil karya orisinil dan kreativitas sendiri dan belum pernah diproduksi secara umum maupun diikut sertakan dalam ajang kompetisi serupa. 
  7.     Peserta membuat pernyataan orisinilitas karya Teknologi Tepat Guna dengan menggunakan materai bahwa karya Inovasi Tepat Guna yang dikirimkan merupakan karya asli dan belum pernah menjadi  pemenang dalam lomba sejenis dan belum pernah dipublikasikan. 
Prosedur Pendaftaran
  1.        Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp 100.000 Yang dikirim melalui No Rekening: 7106159534     (BANK MANDIRI SYARIAH) atas nama. UKM RISET & PENALARAN EXIST UNJA. 
  2.     Setelah melakukan registrasi pembayaran, peserta dimohon mengkonfirmasi melalui sms ke nomor Herliani Lusiana (082175442099) atau ke email itgnef17@gmail.com. Format konfirmas: Nama Ketua_Nama Penyetor/pemilik rekening_Nama Universitas_Waktu Pengiriman Contoh : Herliani Lusiana_Zulvia Afifah_Universitas Jambi_08.30. 
  3.       Mengisi formulir pendaftaran.
  4.       Bukti pembayaran (scan) dilampirkan dalam pengiriman berkas karya tulis ilmiah

Waktu pelaksanaan

Final lomba Inovasi Tepat Guna EXIST FAIR 2017 akan dilaksanakan di Kampus Pinang Masak Universitas Jambi, namun pelaksanaanya terbagi menjadi beberapa tahap seleksi yang tercantum pada time line kegiatan dibawah ini.
1.    Pendaftaran dan Pengumpulan Karya  : 05 Februari 2017 – 15 Maret 2017
2.    Pembayaran                                           : 05 Februari 2017 – 15 Maret 2017
3.    Penjurian Karya                                       : 16 Maret 2017 – 24 Maret 2017
4.    Pengumuman Finalis                               : 25 Maret 2017
5.    Konfirmasi Kehadiran                             : 25 Maret 2017 – 05 April 2017
6.    Technical Meeting Finalis                       : 13 April 2017
7.    Presentasi Karya                                   : 14 April 2017
8.    Fieldtrip                                                   : 15 April 2017
9.    Seminar Nasional, Pameran dan
Pengumuman Pemenang                     : 16 April 2017
  
Hadiah dan Penghargaa
Pada Lomba Inovasi Tepat Guna ini akan dipilih tiga karya tulis terbaik untuk masing-masing kategori S1/Diploma sebagai Juara I, II, dan III dengan penghargaan untuk masing-masing kategori sebagai berikut :

1.    Juara I : Trophy+Sertifikat+ uang tunai Rp 4.000.000,00
2.    Juara II : Trophy+Sertifikat+uang tunai Rp 3.000.000,00
3.    Juara II : Trophy+Sertifikat+uang tunai Rp 2.000.000,00
4.    Inovasi Terfavorit

Semua peserta yang mengirimkan karya mendapatkan E-sertifikat

Panduan dapat di download di disini





2 comments:

  1. sudah saya kirim email melalui ahmad.farid-12@fpk.unair.ac.id

    mohon di cek, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Selamat malam. Saya sudah coba kirim ke email yg tertera di panduan, tapi mengapa selalu gagal dan tertera alamat email tidak di temukan?. Mohon bantuannya atau ada alamat email yg lain.. Trimakasi

    ReplyDelete