Halaman

Wednesday, April 6, 2016

LOMBA COMDEV AWARD NASIONAL EXIST FAIR 2016








Generasi muda memiliki peranan yang sangat besar pada kemajuan suatu bangsa. Sejarah mencatat berbagai tindakan yang dilakukan oleh generasi muda telah membawa perubahan pada negeri ini, sehingga tak heran Bung Karno mengatakan bahwasanya “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan aku cabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan aku guncangkan dunia”. Perkataan Bung Karno menunjukkan bahwa generasi muda merupakan agent of change dan iron stock suatu bangsa. Artinya, terdapat pengharapan kepada generasi muda untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.
Generasi muda hendaknya melakukan tindakan-tindakan yang dapat memberikan perubahan kepada bangsanya, terutama mahasiswa. Mengingat terlalu banyak permasalahan pada negeri ini, sehingga tidak cukup jika hanya pemerintah saja yang berkontribusi untuk membuat Indonesia lebih baik.
Masing-masing mahasiswa memiliki tindakan dan landasan berfikir yang berbeda-beda. Di mana, tindakan dan landasan berfikir tersebut diaplikasikan dalam visi dan misi Perguruan Tinggi Indonesia, yakni untuk mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Melalui ketiga hal tersebut tindakan dan aspirasi mahasiswa sangat dibutuhkan.
Salah satu tindakan dan aspirasi mahasiswa ialah pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat adalah suatu gerakan proses pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat. Pengabdian masyarakat seharusnya bersifat kontinual dan jangka panjang karena dalam membangun sebuah masyarakat dibutuhkan proses yang panjang. Banyak aspek yang harus disentuh untuk menjadikan suatu masyarakat itu baik, karakternya, budayanya, sampai pola pikirnya juga harus kita sentuh untuk benar-benar menciptakan sebuah masyarakat yang beradab (Ali,2012). 
Agar dapat menciptakan masyarakat yang beradab, maka pengabdian masyarakat harus terus dilakasanakan oleh generasi muda sebagai agent of change. Sebagai mahasiswa, kita dapat melakukan pengabdian masyarakat melalui program Community Development (Comdev) pada masing-masing organisasi seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa, serta organisasi lainnya di Perguruan Tinggi.
Pada program Community Development, mahasiswa akan langsung diterjunkan ke lapangan, yakni ke tengah-tengah masyarakat untuk melihat kondisi masyarakat tersebut, kemudian ikut merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat yang selanjutnya dibuat perumusan konsep untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, sehingga hadirlah solusi yang diberikan sesuai dengan permasalahan yang ada.
Melalui Community Development, mahasiswa akan dapat memahami kondisi masyarakat di lapangan dan mengetahui cara menghadapi masyarakat tersebut. Selain itu, pengalaman dan pemahaman tersebut akan sangat berguna untuk masa depan mereka, terutama ketika mereka sudah duduk di kursi pengambil kebijakan negeri ini.
Selain membangun pemahaman mahasiswa, Community Development juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengumpulkan ide-ide mereka guna menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Di dalam masyrakat, mahasiswa berada pada level idealis tertinggi, sehingga menutup kemungkinan lain maksud dari aktivis mahasiswa melakukan program ini.
Oleh sebab itu, UKM Riset dan Penalaran EXIST  Universitas Jambi mengadakan suatu perlombaan yang bernama Comdev Award yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara Exist Fair 2016. Lomba ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa agar melakukan pengabdian masyarakat dan memberikan penghargaan serta wujud keperdulian kepada mahasiswa yang telah melaksanakannya.


A.     JUDUL KEGIATAN
             Lomba Comdev Award Nasional Exist Fair 2016

B.     TEMA
             Kreativitas Generasi Muda sebagai Agent of Change dalam Mewujudkan Indonesia Mandiri

C.     KETENTUAN PESERTA 
1.    Peserta COMDEV AWARD adalah organisasi mahasiswa (BEM, UKM, HIMA, OK, dan lain-lain) D3-S1 yang berasal dari PTS atau PTN di seluruh Indonesia.
2.    Organisasi mahasiswa tersebut memiliki program atau kegiatan di desa binaan yang sedang maupun telah dilaksanakan.
3.    Organisasi yang diajukan belum pernah menjadi finalis atau sedang diikutsertakan dalam event yang setara atau sejenis dengan kegiatan ini. 
4.    Melakukan registrasi sebesar Rp 100.000/Organisasi. Registrasi dapat melalui ATM atau transfer tunai, dikirim ke: Bank BRI Cabang Jambi a.n: Lina Wahyuni, dengan nomor rekening : 0020-01-093665-50-2. Pembayaran paling lambat dilakukan pada tanggal 6 Mei 2016 pukul 23:59 WIB.
5.    Setiap peserta yang telah mengirimkan uang registrasi wajib mengirimkan SMS konfirmasi kepada panitia dalam waktu 1 x 24
Jam dengan format: CDA2016_Nama Ketua Organisasi_Asal Perguruan Tinggi_Judul Karya_Nama Pemilik Rekening_Jam Pembayaran
Dikirim ke Lina Wahyuni (0898 4719 864)
Contoh : CDA2016_Lina Wahyuni_Universitas Jambi_Mengabdi Untuk Negeri_Lina Wahyuni _11.20


D.     PENILAIAN LOMBA
1.      Video terbaik dinilai oleh dewan juri yang telah ditentukan oleh panitia Lomba Comdev Award Exist Fair 2016. Video dinilai  hanya didasarkan atas isi video, seperti dalam hal kualitas program atau kegiatan yang ditampilkan oleh organisasi.
2.      Video terfavorit didasarkan atas likers terbanyak di Youtube. Waktu pencarian likers dimulai dari pengunggahan video hingga batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia, pada waktu tersebut dilakukan penetapan pemenang dengan likers terbanyak oleh panitia.

E.      TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN
1.    Pendaftaran dan pengunggahan video            : 5 April 2016 – 6 Mei 2016
2.    Penilaian Video Terbaik                               : 8 Mei 2016 – 15 Mei 2016
3.    Penentuan Video Terfavorit                          : 15 Mei 2016
4.    Pengumuman pemenang                               : 17 Mei 2016
5.    Pengiriman poster oleh pemenang                 : 18 Mei 2016 – 25 Mei 2016
   
F.    HADIAH DAN PENGHARGAAN
1.    Video Terbaik :
Uang Pembinaan Rp 2.000.000,00 + Piagam Penghargaan
2.    Video Terfavorit:
Uang Pembinaan Rp. 1.000.000 + Piagam Penghargaan
3.    Seluruh peserta Comdev Award akan mendapatkan e-sertifikat.

Informasi Lebih Lanjut :
Contact Person
Lina Wahyuni               0898 4719 864
Lisa Uswatun                0853 8368 9384

Ukm Exist Unja
PIN BB :5788BDD1
Facebook : Ukm Exist Unja
E-mail : ukmexistunja@yahoo.com
Twitter : @Exist_Unja

Formulir Pendaftaran bisa didownload di SINI
Formulir Pedaftaran Versi Doc. bisa download di SINI
Panduan lengkap bisa didownliad di SINI

0 comments:

Post a Comment