Halaman

Thursday, August 31, 2023

Bedah Buku Exist : Mengenal Lebih Dekat Cerita UKM RnP EXIST

Bedah buku merupakan agenda yang sangat ditunggu-tunggu para Exister. Pada tanggal 26 Agustus 2023, tepatnya di Lantai 3 Aula Rektorat semua exister berdiskusi bersama narasumber Bedah Buku kali ini, Bang Agung. Bang Agung merupakan alumni Exister yang sekarang menjadi orang luar biasa yang bisa membantu adik-adiknya untuk terus berkarya. Rangkaian kegiatan diisi oleh pembukaan yang dibuka dengan kata sambutan dari ketua Pelaksana (Nissa Sahanoya), kata sambutan direktur (Davva Ibnu Syawal) dan berbagai pembukaan.

Setelah dibuka dengan semangat yang ceria oleh Exister, narasumber Bang Agung memulai kisah ini. Beliau memaparkan dengan kata-kata motivasi terlebih dahulu sebelum menceritakan isi dari Buku Panduan Exist. Salah satu kata dari beliau yaitu visi yang sesungguhnya dari UKM RnP Exist ialah, "Mensolehkan orang pintar dan mempintarkan orang soleh." (26/08/2023).

Buku panduan Exist berjumlah 300 lebih halaman untuk dikulik lebih jauh lagi. Tidak hanya membedah buku saja,Narasumber menyampaikan pengelaman terdahulu ketika ia masih menjadi Exister aktif semasa menjadi Mahasiswa. Menceritakan pengalaman menadapatkan penghargaan, menceritakan kebiasaan anggota Exist, menceritakan semua kehidupan Exist sampai kepada solusi untuk adik-adik Exister sekarang.

Tidak kalah serudengan menceritakan pengalaman ia menjadi Exister. Ia juga menceriatakan awal mulanya terbentuk UKM RnP Exist yang bermula dari organisasi besar yaitu MITI. Setelah pertemuan seluruh mahasiswa yang tertarik di bidang Riset dan Penalaran, besawal dari LSO di UKM Rohis Ar-Rahman muncullah sebuah semi organisasi di bidang riset. Setelah LSO ini semakin berkembang, akhirnya dicetuskannya sebuah UKM khusus mengenai Riset dan Penalaran bernama UKM RnP Exist.

Menceritakan isi buku memang tidak henti-hentinya, karena masih banyak lagi hal yang ingin di ketahui dari buku panduan tersebut. Karena kalau tidak ada panduan dalam sebuah kehidupan, seringkalinya para generasi baru tersesat untuk melanjutkan kehidupan. Adanya bedah buku panduan Exist ini menjadikan Exister menjadi lebih tahu rumahnya sendiri itu seperti apa.

Sesi diskusi dibuka dengan antusias penanya yang dibataskan oleh waktu. Banyak sekali Exister yang ingin bertanya kepada narasumber untuk mengetahui lebih jauh apa itu Exist. Dibuka oleh penanya pertama yaitu dari Manajer HRD (Yuliani Eka Putri), ia bertanya mengenai sic dan mentoring untuk mengevaluasi kegiatan SIC dan Mentoring selama ini. Dijawab dengan Abang Agung dengan antusias yang sama mengulik kembali ingatannya ketika menjalani kegiatan SIC dan Mentoring. Cerita ini menambah semangat para Exister untuk mempraktekkan hal yang sama seperti yang Abang Agung katakan.

Setelah sesi tanya jawab selesai. Selanjutnya sesi dokumentasi bersama narasumber yang akan diberikan kenang-kenangan karena sudah mengisi dan memberikan ilmunya. Semua mencetak senyum bahagianya dengan perasaan yang ingin terus berada dalam lingkaran diskusi itu. Adanya kegiatan ini semoga bermanfaat untuk UKM RnP Exist kedeopannya.

Salam Akademis

0 comments:

Post a Comment